Yuk Dicoba! 8 Obat Tradisional Ala Rumahan buat Mengatasi Kutu Air

Kutu air memang bukan suatu masalah yang serius. Namun, penyakit kutu air ini tentu sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Terlebih ketika rasa gatal yang tak tertahankan, dan membuat kita terus sibuk menggaruk hingga lecet.

Selain rasa gatal, kutu air terkadang menimbulkan bau tak sedap, terutama jika kutu air terjadi pada kaki. Bahkan jika tak segera diobati kutu air bisa menular ke bagian tubuh lain, seperti tangan hingga wajah. Nah, kabar baiknya cara mengatasi kutu air ini bisa dilakukan di rumah, lho.

Bahan bahannya pun menggunakan obat tradisional alami yang mudah didapatkan di dapur rumah. Bahan alami pertama yang dapat membantu kita mengatasi kutu air adalah garam dapur. Caranya cukup mudah dengan mencampurkan garam dengan air hangat.

Rendam kaki selama 20 menit dan lakukan kegiatan ini setiap hari. Garam dapat berperan sebagai antiseptik alami yang berguna untuk membunuh jamur jamur penyebab kutu airyang menempel pada kulit. Tea tree oil mengandung berbagai macam bahan alami yang dapat kita gunakan untuk menyembuhkan berbagai macam masalah kulit, dan salah satunya kutu air.

Tea tree oil juga berguna untuk membunuh berbagai macam bakteri, jamur, dan kuman penyebab masalah kulit. Bahan ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berguna untuk mencegah dampak buruk radikal bebas sehingga kesehatan kulit tetap terjaga. Caranya cukup oleskan minyak ini ke area yang terkena kutu air, dan lakukan ulang 3 kali sehari, untuk hasil yang maksimal.

Tidak hanya berguna untuk membuat kue, tapi soda kue juga bisa berguna untuk menyembuhkan kutu air. Soda kue memiliki kandungan antiseptik yang efektif untuk membunuh kuman atau jamur penyebab kutu air. Caranya rendam kaki ke dalam air hangat yang sudah dicampurkan dengan soda kue selama 20 menit.

Ulangi setiap pagi dan sore, sehingga kandungan antiseptik dalam soda kue bisa dengan efektif membunuh jamur kutu air secara bertahap. Bumbu dapur ini merupakan obat herbal yang mengandung banyak nutrisi seperti minyak atsiri dan allicin. Keduannya bermanfaat sebagai antiseptik, anti bakteri, dan anti inflamasi.

Jika kita mengaplikasikan senyawa tersebut pada kulit yang terkena kutu air akan dapat membunuh jamur penyebab kutu air. Kandungan inflamasi pada bawang putih juga berguna untuk meredakan rasa nyeri akibat kutu air yang terlalu gatal. Caranya kita cukup menumbuk satu siung bawang putih lalu tempelkan pada kulit kaki yang terkena kutu air, dan balutkan dengan perban atau kain.

Diamkan selama beberapa jam lalu bisa ganti secara berkala untuk hasil yang lebih maksimal. Singkong ternyata juga bisa menjadi bahan alami untuk atasi kutu air. Caranya cukup tempelkan daging singkong yang sudah dihaluskan pada kulit yang terinfeksi kutu air.

Biarkan sampai mengering sehingga kandungan sianida benar benar efektif untuk membunuh jamur. Setelah kering basuh dengan menggunakan air dingin. Daun sirih merupakan bahan herbal yang memiliki sifat antiseptik. Sifatnya yang demikian membuat daun sirih dapat secara efektif untuk membunuh kuman penyebab kutu air. Untuk menghilangkan kutu air, kita cukup merebur daun sirih dengan garam.

Dengan mencampurkan daun sirih dan garam dapat menjadikannya kombinasi antiseptik yang baik untuk membunuh kuman. Gunakan rebusan air sirih tadi untuk merendam kaki yang terkena kutu air. Teh yang biasa kita konsumsi saat pagi hari ini ternayata sangat efektif untuk mengobati penyakit kutu air.

Caranya cukup dengan merebus teh celup menggunakan air secukupnya, lalu diamkan sampai dingin, dan gunakan air tersebut untuk merendam kaki yang terkena kutu air. Teh mengandung antiseptik dan juga antioksidan alami yang efektif mempercepat penyembuhan kutu air dan berbagai macam penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri atau kuman. Yoghurt ternyata tidak hanya enak dikonsumsi dan bagus untuk pencernaan.

Yoghurt juga mengandung bakteri Acidophilus yang mampu menyembuhkan kutu air dengan cepat. Jadi saat kutu air menyerang, segera oleskan plain yogurt di area yang terinfeksi, biarkan kering dan bilas kemudian. Pastikan bukan yoghurt yang memiliki varian rasa. Nah, itu beberapa bahan yang bisa jadi obat alami kutu air.

Tapi, sebelum terkena, sebaiknya kita sudah mulai melakukan tindakan pencegahan ya Moms. Caranya cukup mudah. Pastikan untuk selalu membuat kaki bernapas dan juga kering.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *