Beberapa Fakta Tentang Vaksin Covid yang Baru Didatangkan di Indonesia

Vaksin corona akhirnya telah tiba di Indonesia beberapa waktu yang lalu. Setelah penantian panjang, masyarakat akhirnya merasa sedikit lega dengan adanya vaksin covid ini. Upaya pemerintah dalam memutuskan rantai penularan covid-19 akhirnya telah terbayar sudah. Kini vaksinasi telah ditargetkan untuk diberikan kepada masyarakat guna membentuk sistem kekebalan tubuh.

Bagi Anda yang belum tau, jenis vaksin covid-19 yang telah didatangkan kemarin adalah vaksin Sinovac. Vaksin ini telah melalui proses uji klinis fase 3 awal di kota Bandung, oleh tim peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran melalui kerjasama PT Bio Farma dengan Sinovac Biotech China.

Kemarin vaksin covid ini telah sampai di Indonesia kurang lebih 1,2 juta dosis, itu untuk pengiriman pertamanya. Namun, vaksinasi baru bisa dilaksanakan februari 2021 mendatang, jadi untuk sementara vaksin covid-19 disimpan di di ruang khusus penyimpanan PT Bio Farma.

Karena tergolong masih baru dan pertama kali ada di Indonesia, wajar saja kalau ada kekhawatiran masyarakat dengan vaksin ini. Salah satu yang jadi kegelisahan adalah apakah vaksin covid ini aman dan tidak memberikan efek samping bagi penggunanya. Di sini kita akan membahas beberapa fakta mengenai vaksin covid-19 yang kemarin telah didatangkan di Indonesia.

Beberapa Fakta Tentang Vaksin Covid Yang Baru Didatangkan di Indonesia

Bagi Anda yang berencana untuk mendapatkan vaksinasi covid-19 harus tau dulu beberapa fakta berikut ini.

  1. Masih dalam Tahap Evaluasi

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan, Dr Ir Penny K Lukito MCP memberikan keterangan bahwa dosis vaksin tahap pertama yang didatangkan kemarin saat ini masih dalam tahap uji klinik guna untuk membuktikan keamanan serta khasiatnya.

Adapun proses yang dijalankan sesuai dengan standar internasional seperti Organisasi Kesehatan Dunia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan Eropa (EMA).

  1. Belum Mendapatkan Izin Edar dari BPOM

Karena masih tahap pengujian, maka dosis vaksin Covid-19 belum bisa didistribusikan karena belum mendapatkan izin edar dan penggunaan Emergency Use Authorization (EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM). Nantinya vaksin ini akan dikeluarkan setelah hasil evaluasi mutu, keamanan, dan efikasi vaksin telah terbukti memberikan manfaat untuk masyarakat.

  1. Masa Kedaluwarsa Vaksin Sinovac

Sama seperti obat lainya, vaksin covid pun memiliki batas waktu penggunaan atau kedaluwarsa. Yang menjadi pemicu pertanyaan masyarakat berapa lamamasa kedaluwarsa vaksin ini, apalagi masih harus menunggu izin untuk diedarkan. Untuk menjawab pertanyaan ini, juru bicara Bio Farma, Bambang Heriyanto menjelaskan bahwa masa expired vaksin covid-19 adalah 3 tahun.

  1. Harga Vaksin

Pemerintah telah menetapkan bahwa pemberian vaksinasi terbagi menjadi dua klasifikasi yaitu pemberian vaksin mandiri (menggunakan uang pribadi) dan tanggungan pemerintah. Untuk vaksin yang ditanggung oleh pemerintah diberikan oleh aparatur Negara, petugas kesehatan, tokoh masyarakat, dan petugas penanganan covid-19. Di luar itu, masyarakat harus mendapatkannya secara mandiri. Sedangkan untuk harganya, pemerintah belum menetapkan harga dari vaksin covid tersebut.

  1. Target Waktu Edar Vaksin

Seperti yang dikatakan tadi bahwa vaksin covid yang telah ada ini tidak langsung bisa diedarkan. Jadi masyarakat harus menunggu dengan sabar hingga izin edar dikeluarkan oleh BPOM. Ketika hasilnya telah keluar secara resmi, maka distribusi dan pemberian vaksin ditargetkan akan diedarkan dengan segera paling cepat Mei 2021 mendatang. Tapi tentu saja keputusan ini tidak boleh diambil secara sepihak saja, perlu persetujuan langsung oleh Kementerian Kesehatan nantinya.

Vaksin Covid memang telah ditunggu-tunggu selama ini dan pastinya kita semua ingin mendapatkan informasi vaksin covid 19 terbaru. Nah untuk mendapatkan informasi mengenai vaksin covid hari ini, Anda membutuhkan sebuah sumber informasi yang akurat dan aktual, seperti di Halodoc. Selain informasi mengenai Covid-19, Halodoc juga menyediakan banyak informasi kesehatan serta menyediakan fitur konsultasi gratis dengan dokter ahli untuk semua bidang. Jadi jangan ketinggalan informasi, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *