Pemberian Makanan Bayi Untuk Anak Usia 1 Tahun

Untuk tumbuh kembang yang optimal, anak Anda membutuhkan nutrisi yang baik. Tentunya ketika si kecil lahir, ASI memang perlu diberikan dan menjadi satu-satunya makanan yang bisa dikonsumsi bayi. Namun ketika menginjak 6 bulan ke atas, MPASI sudah harus mulai diberikan dan hingga 1 tahun di mana makanan bayi tentu akan lebih bervariasi.

Kebutuhan Makanan Bayi Usia 1 Tahun

Menu makanan untuk bayi berusia 12 bulan sudah mulai bisa diberikan menu makan sehari-hari keluarga. Pada usia ini, Anda bisa menggunakan bahan makanan orang dewasa untuk membuat makanan bayi dengan cara dicincang dan dihaluskan. Menunya juga bisa mirip dengan yang dewasa tapi harus disesuaikan dengan selera. Beri makan bayi Anda makanan padat hingga 3-4 kali sehari. 

ASI selalu diberikan sesuai keinginan bayi atau bisa memberikan susu formula sekitar 500-600 ml. Selingan dapat diberikan 1-2 kali sehari sebagai makanan ringan seperti buah, sayuran rebus, roti panggang, atau kue dan kue buatan sendiri tanpa tambahan gula. Ukuran porsi rata-rata bayi berusia 1-2 bulan adalah 1 mangkuk (200-240 ml) sekaligus. 

Pada masa ini, aktivitas fisik bayi meningkat. Sebagian besar anak pada usia ini sudah mulai dapat berjalan dengan bantuan atau berjalan sendiri, berputar, memanjat dan sebagainya meskipun memang masih tidak stabil. Oleh karena itu, peningkatan jumlah dan jenis kebutuhan gizi anak harus selalu terpenuhi dengan baik dari makanan bayi yang dikonsumsi untuk tumbuh kembang yang optimal.

Porsi Makan Anak Usia 1 Tahun

Pada prinsipnya penyajian makanan bergizi seimbang untuk si kecil tidak boleh sembarangan. Harus terdapat sumber karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi dan memiliki porsi terbesar dibandingkan makanan lainnya. Sumber karbohidrat yang baik termasuk nasi, ubi jalar, jagung, kentang, sagu, mie, roti, dan bihun. 

Ada buah-buahan dan sayuran yang merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, dengan rasio sayuran terhadap buah-buahan yang lebih tinggi. Kemudian ada lauk pauk dan produk susu sebagai sumber protein dan lemak. 

Contoh lauk pauk esensial antara lain daging sapi, ayam, ikan, telur, tempe, tahu, dan kacang merah. Kepadatan sumber protein dan lemak lebih rendah dibandingkan dengan sumber karbohidrat dan vitamin dan mineral. Produk susu terbaik yang sering dipilih oleh ibu yaitu Nutrilon Royal dengan kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap sebagai pelengkap nutrisi pada makanan bayi.

Deskripsi: makanan bayi penting untuk diperhatikan nutrisinya yang lengkap dan juga sesuai usianya untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.