Cara Tepat Memakai Conditioner untuk Rambut Kering dan Mengembang

Rambut kering sangat mudah dikenali dengan ciri-ciri rambut bertekstur kasar, rapuh dan mudah patah serta pecah-pecah. Penampilan keseluruhan rambut juga mengembang dan warnanya kusam. Lapisan rambut terluar yang disebut kutikel rusak sehingga tidak berfungsi baik. Kerja lapisan tersebut dapat dibantu dengan memakai conditioner untuk rambut kering dan mengembang di bawah ini.

1. Rambut Bersih

Sebelum menggunakan conditioner, pastikan rambut dalam kondisi bersih tanpa kotoran. Anda bisa menggunakannya setelah memakai shampo yang sudah dibilas. Jadi tidakĀ  ada bekas busa shampo. Bersihkan terlebih dahulu sisa shampo dengan cara memeras bagian rambut tengah sampai ke ujung untuk menghilangkan busa. Bisa sembari menempatkan rambut di bawah pancuran air agar sisa busa bersih sempurna.

2. Menggunakan Conditioner Secukupnya

Gunakan conditioner sesuai dengan kebutuhan rambut. Caranya dengan melihatĀ  ketebalan dan panjang dari rambut. Jika mempunyai rambut pendek maka bisa gunakan conditioner sebesar satu buah blueberry dan untuk rambut sepanjang bahu bisa dua kalinya. Sementara untuk rambut panjang bisa menggunakan tiga kali dari jumlah rambut pendek.

3. Pengaplikasian Tepat

Meskipun rambut dalam keadaan kering, namun hanya di bagian tengah hingga ujung. Sementara untuk rambut di kepala tetap mempunyai kandungan minyak dari kulit kepala. Bagian rambut dari ujung ke tengah menjadi bagian rambut paling kering dan mengembang serta paling memerlukan nutrisi dan kelembapan.

4. Mendiamkan Conditioner

Jangan langsung membilas conditioner setelah rata mengaplikasikannya. Tunggu beberapa menit sesuai yang diarahkan di kemasan conditioner. Biasanya didiamkan selama 2-3 menit. Jeda ini dibutuhkan untuk memberikan waktu kepada conditioner untuk bekerja di rambut.

5. Membilas Bersih Rambut

Setelah jeda berakhir, bilas rambut hingga bersih dari conditioner. Sama seperti saat membersihkan shampo, sebaiknya bersihkan conditioner di bawah aliran air agar ikut hanyut. Setelah bersih, keringkan menggunakan handuk dengan cara menepuknya, bukan menguceknya untuk menghindari rusaknya rambut. Bisa juga dengan diangin-anginkan untuk mempercepat pengeringan.

Itulah langkah dalam memakai conditioner untuk rambut kering dan mengembang. Sebaiknya jangan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut karena dikhawatirkan dapat membuat rambut menjadi semakin kering dan rusak. Tidak diperbolehkan juga melakukan keramas terlalu sering.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.