Trik Menemukan Recruitment yang Tepat Sesuai Bisnis

Dalam menentukan kandidat untuk sebuah perusahaan, tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis tersebut. Ada beberapa metode yang sebenarnya bisa digunakan sesuai dengan tipe bisnis yang dijalankan.

Salah satu bisnis yang membutuhkan metode perekrutan yang tepat adalah perusahaan berbasis AI. Perusahaan yang mengembangkan atau menerapkan teknologi Artificial Intelligence tentu harus mengetahui trik yang sesuai untuk menemukan kandidat yang tepat.

Tips Mendapatkan Kandidat yang Tepat untuk Perusahaan AI

1. Melalui Penyelenggaraan Event

Salah satu tips terampuh yang saat ini banyak dilakukan perusahaan AI untuk merekrut kandidat adalah dengan menyelenggarakan event terkait penggunaan AI. Beberapa platform seperti Kaggle sudah lama digunakan oleh perusahaan untuk mencari talenta berkualitas yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Biasanya, perusahaan akan memposting sebuah event berhadiah terkait dengan penggunaan AI yang sesuai dengan bisnis perusahaan. Misalnya perusahaan bergerak di penggunaan AI untuk finansial maka event ini akan meminta para pelamar membuat algoritma bagi permasalahan di bidang finansial.

Dari sini perusahaan bisa memilih mana kandidat yang memiliki pengetahuan mumpuni di bidang AI sekaligus finansial. Namun, cara ini memiliki kelemahan karena perusahaan harus mempersiapkan sejumlah dana sebagai hadiah bagi pemenang event.

2. Meminta Mengirimkan Contoh Hasil Kerja

Tips lain yang bisa digunakan oleh perusahaan AI untuk mendapat kandidat yang sesuai adalah dengan meminta pelamar mengirimkan contoh hasil kerja dalam bentuk portofolio. Cara ini biasa dilakukan oleh perusahaan web design atau perusahaan industri kreatif saat menyaring kandidat terbaiknya.

Dari portofolio yang dikirimkan ,perusahaan bisa menilai dan memberikan pertimbangan lebih lanjut terkait pelamar tersebut.

3. Menggunakan Bantuan Software

Trik berikutnya untuk menemukan kandidat yang tepat sesuai bisnis adalah dengan menggunakan bantuan software berbasis kecerdasan buatan. Software ini akan membantu Anda untuk menemukan kandidat paling tepat berdasarkan profil yang dimiliki kandidat tersebut.

Namun tentu saja untuk memaksimalkan penggunaan perangkat lunak recruitment, Anda harus memilih software yang tepat.

Temukan Kandidat dengan Cepat dan Tepat dengan Bantuan Software

Menemukan kandidat terbaik dari sekian banyak pelamar seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami. Menggunakan cara manual dan konvensional dalam menyaring kandidat tentu membutuhkan tenaga dan waktu yang sangat besar bagi tim recruiter.

Oleh karena itu penggunaan software berbasis kecerdasan buatan dapat membantu menemukan kandidat terbaik secara cepat dan efektif. Salah satu software berbasis kecerdasan buatan yang banyak direkomendasikan adalah Shortlyst.

Shortlyst adalah tools berbasis teknologi AI yang sangat membantu dalam proses recruitment. Tools ini memiliki database hingga lebih dari 600 juta profil kandidat yang bisa diakses dari seluruh dunia. Anda bisa menemukan sekian banyak profil terbaik yang tersebar di berbagai negara.

Profil tersebut juga bisa diintegrasikan ke dalam berbagai platform mulai dari Slack, LinkedIn, WhatsApp, email dan sebagainya. Software ini juga memiliki fitur mendukung seperti fitur rekomendasi berdasarkan kriteria yang ditetapkan, hingga fitur saling tag antara kandidat serta recruiter.

Untuk menggunakan software Shortlyst juga sangat terjangkau. Anda hanya perlu menganggarkan biaya mulai dari 23 USD saja untuk bisa menggunakan tools ini. Biaya ini hanya sekitar 5% saja dari harga tools serupa yang tersedia di pasaran.

Menemukan kandidat terbaik saat proses rekrutmen seperti mencari jarum di antara tumpukan jerami. Dibutuhkan waktu dan tenaga yang sangat besar agar Anda dapat memilih kandidat dengan tepat. Oleh karena itu keberadaan Shortlyst sebagai recruitment software terbaik dapat membantu Anda.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *