PR Agency Membantu Membangun dan Mengasah Marketing Message

Pada dasarnya, suatu kegiatan pemasaran atau marketing yang berhasil harus memiliki pesan khusus yang ingin disampaikan kepada konsumen sasarannya. Tentu saja pesan ini tidak dibuat sembarangan, tetapi perlu mengindahkan strategi pemasaran dan target produk.

Tujuannya agar pesan yang dibangun merepresentasikan tujuan bisnis dan tujuan produk. Oleh karena itu, dalam membangun dan mengasah pesan pemasaran, perusahaan membutuhkan peran seorang PR Agency.

Mengapa perusahaan membutuhkan public relations agency untuk hal ini padahal sudah ada divisi pemasaran yang menangani masalah pemasaran? Komunikasi merupakan pelayanan utama dari sebuah public relations agency.

Maka segala sesuatu yang berhubungan dengan komunikasi harus melibatkan kehumasan agar pesan yang dibangun tidak hanya dapat merepresentasikan kegiatan pemasaran tetapi tetap sesuai dengan kaidah komunikasi. Dengan begitu pesan pemasaran akan mudah diterima oleh masyarakat.

 

Bagiamana Cara PR Agency Dalam Membantu dan Asah Marketing Message?

1. Identifikasi dan Sesuaikan Tema Pesan

Setiap merek pasti memiliki preposisi dan misi yang harus dibenahi dalam sebuah strategi pemasaran, termasuk pesan pemasarannya. Lalu dimana peran PR Agency dalam hal ini jika perusahaan sudah memiliki preposisi dan misi yang jelas?

Jawabannya ada pada tema pesan itu sendiri. Tema adalah kunci yang menentukan apakah peran tersebut dapat diterima oleh publik atau tidak, dan dengan tren yang berubah dengan cepat, diperlukan PR Agency dalam membaca dan mengidentifikasi perilaku pasar.

Dengan wawasan yang tidak terbatas dari PR Agency, tema pesan dapat diasah sehingga jelas begitu sampai ke publik. PR Agency memberikan wawasan tentang tren dan topik yang mendominasi liputan media yang dapat diubah menjadi strategi pemasaran oleh departemen pemasaran.

Salah satu contohnya adalah dalam hal tren ritel. Akses internet yang semakin mudah membuat masyarakat lebih memilih berbelanja dengan cara yang lebih mudah melalui e-commerce, secara signifikan pusat perbelanjaan telah berubah menjadi tempat hangout.

Bukan lagi tempat untuk berbelanja. PR Agency adalah yang pertama menunjukkan perubahan ini sehingga pemasaran dapat dengan cepat memindahkan beberapa operasi penjualan mereka secara online untuk menghadapi perubahan tersebut. Pesan-pesan pemasaran juga dibangun dengan tema belanja lebih mudah, efisien, dan cepat melalui saluran online.

2. Menghubungkan Kesadaran Merek dan Kampanye Pemasaran

Konsumen potensial menjadi target utama pemasar, hampir semua saluran dibanjiri marketing message. Bahkan pengirimnya berasal dari sumber perusahaan yang sama. Dengan marketing message yang begitu booming, menjadi tantangan bagi perusahaan untuk menyamakan pesan satu sama lain.

Terkadang esensi pesan hilang di tengah tim sales dan marketing, jika hal ini terjadi maka brand awareness terancam runtuh. Sebelum situasi semakin memburuk, perusahaan membutuhkan bantuan dari PR Agency.

PR Agency akan mengumpulkan wawasan dan mengembangkan strategi dan tema komunikasi yang tepat untuk kesadaran merek dan menghubungkan dengan kampanye pemasaran. Hasil akhirnya adalah marketing message dengan fungsi ganda, yaitu sebagai pembangun kesadaran merek dan senjata untuk kampanye pemasaran.

PR Agency juga berperan dalam mengaudit komunikasi, sehingga semua pesan yang disampaikan oleh perusahaan terkendali.

3. Pertajam Content Marketing

Content marketing merupakan alat penting dalam menyampaikan pesan pemasaran kepada konsumen sasaran, baik itu dalam bentuk cetak seperti flyer atau brosur, dan juga dalam bentuk digital seperti konten media sosial dan website.

Sehingga semua saluran ini memiliki suara yang sama. PR Agency bisa membantu mempertajam content marketing sesuai channelnya masing-masing. Baik itu cetak maupun digital, meski memiliki format yang berbeda, semua content marketing ini tidak hanya membawa pesan yang sama tetapi juga memiliki tingkat ketajaman yang merata.

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.