Soft Skill Penting Yang Wajib Dimiliki Anak Sejak Dini

Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan seorang anak. Bukan hanya menguasai pelajaran seperti matematika dan sains, namun terdapat beberapa hal yang mungkin tidak diajari di sekolah yaitu soft skill. Pada dasarnya soft skill berhubungan dengan kecerdasan emosional pada diri seseorang. Soft skill adalah kemampuan yang berasal dari dalam diri, yang bermanfaat untuk membangun karakter seseorang. Perkembangan soft skill yang paling pesat umumnya dimulai ketika anak memasuki usia sebelum 5 tahun, yakni di masa taman kanak-kanak atau kindergarten. Untuk itu sebagai orang tua penting mengetahui soft skill apa saja yang wajib dimiliki anak sejak dini guna membantu tumbuh kembangnya secara optimal.

1. Rasa Percaya Diri

Percaya diri merupakan soft skill yang diperlukan oleh anak hingga dewasa nanti. Kemampuan percaya diri dapat berkembang seiring berjalannya waktu, ini artinya anak akan percaya pada kemampuan yang ia miliki dan membantu menghadapi tantangan dalam bentuk apapun.

 

2. Tanggung Jawab

Menanamkan rasa tanggung jawab pada anak melatih anak mandiri melakukan sesuatu. Mengembangkan rasa tanggung jawab pada anak dapat dilakukan sedini mungkin dengan cara yang sederhana, misalnya disiplin merapihkan mainan setelah memakainya, ataupun menyiapkan peralatan yang akan dibawa ke sekolah besok. Sesuaikan tugas rumah dengan umur anak, jangan terlalu memberikan tugas berat yang ia belum mampu mnegerjakannya. Latihlah rasa tanggung jawab secara perlahan, dengan begitu anak akan terbiasa dengan hal ini.

 

3. Komunikasi

Komunikasi merupakan hal yang penting yang wajib diajarkan kepada anak. Seringkali anak merasa segan, dan takut mengungkapkan apa yang ia rasakan kepada orang tua, untuk itu tugas orang tua adalah melibatkannya dalam setiap diskusi. Hal ini akan membantu keterampilan sosialnya, juga membantunya menjadi pribadi yang lebih cepat tanggap untuk menghadapi apapun.

 

4. Kejujuran

Anak biasanya mencontoh apa yang orang tua lakukan, untuk itu pupuklah nilai kejujuran sejak dini. Anda bisa menjadi contoh yang baik dan menjelaskan kepadanya apa itu nilai kejujuran. Jadilah pendengar yang baik bagi anak Anda, dengan begitu Anda akan open minded dan menghargai setiap keputusan yang anak Anda utarakan.

 

5. Kreativitas

Kreativitas pada anak perlu diasah sedari dini, Karena jjika tidak diasah maka tidak akan berkembang secara optimal. Untuk itu, mengidentifikasi kreativitas pada anak perlu dilakukan, misalnya dia ada potensi dalam bidang music, menari, menggambar, ataupun bernyanyi. Jika sudah mengetahuinya hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengembangkan bakat tersebut, misalnya rajin berlatih, atau mengikuti les yang sesuai. Kreativitas yang dipupuk sedari dini akan membantu anak menemukan potensi pada dirinya.

 

Referensi :

https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/sarrah-ulfah/soft-skills-wajib-dikuasai-anak-sejak-dini/4

https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/10-skill-dasar-anak-yang-harus-dilatih-sejak-dini/

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *