Platform Digital Ini Siapkan Program Pengembangan & Pelatihan di Industri Kopi

Saat ini seluruh industri makanan dan minuman termasuk kopi kekinian mengalami perubahan yang sangat signifikan. Pemilik bisnis dituntut untuk melakukan strategi pemasaran, penjualan dan promosi yang kreatif. Sementara itu, para barista juga harus meningkatkan kompetensinya. Fakta ini mendorong Toffin Indonesia menghadirkan Toffin E Learning Center yaitu platform digital yang menyediakan program pengembangan dan pelatihan di industri kopi.

"Mulai dari kreasi menu, pengembangan bisnis, hingga pelatihan keterampilan, yang difasilitasi oleh mentor berpengalaman di bidangnya melalui daring baik video maupun workshop," kata Ario Fajar, Head of Marketing Toffin. Toffin E Learning Center ditargetkan untuk para entrepreneur start up, cafe & restaurant owner, barista, bartender, tea & coffee specialist, F&B enthusiast, serta masyarakat umum yang ingin belajar mengenai bisnis kopi. Dikatakannya, pihaknya menghadirkan mentor ini terdiri dari master kopi internasional, juara kopi Indonesia, ahli teh, pakar cafe dan restoran, konsultan hingga praktisi di industri kreatif.

Toffin E Learning Center hadir sebagai jawaban atas kebutuhan para pebisnis kopi, barista, serta orang yang bergerak di industri kopi, yang membutuhkan media pembelajaran yang praktis. Toffin E Learning menawarkan 3 program, antara lain skill, yakni program yang dibuat untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di industri kopi atau bisnis food and beverage agar lebih kompetitif. Program ini diaplikasikan dalam bentuk video pelatihan barista, bartender, beragam teknik menyeduh kopi, pengoperasian peralatan kopi yang diajarkan oleh coffee dan tea master.

Didukung juga dengan keterampilan lainnya seperti fotografi dan videografi mulai dari tingkat dasar hingga advance dari praktisi di industri kreatif. Menu Creation merupakan program yang diciptakan untuk menjadi referensi bagi business owner, barista, bartender, atau departemen pengembangan menu untuk mengkreasikan minuman yang inovatif dan kompetitif. Program ini dibuat dalam bentuk video menu tutorial yang dikembangkan oleh Toffin product development specialist, coffee, dan tea master mulai dari minuman berbahan dasar kopi, teh, rempah, cocktail, mocktail, dan bahan baku lainnya.

Untuk business menjadi salah satu program yang dibentuk untuk memperluas wawasan, pengetahuan, strategi, bisnis industri kopi. Program ini diaplikasikan melalui video pembelajaran mulai dari tahap perencanaan, operasional, hingga ekspansi bisnis seperti marketing, branding, sales, keuangan. "Kemudian kepuasan pelanggan, tren pasar, sumber daya manusia, success story, hingga product specification, yang dipresentasikan oleh ahli dibidangnya," katanya.

Fitur fitur dari program Toffin E Learning Center antara lain Free Access Video, paid Access Video, paid seminar class, on Demand Video & Class. Toffin menyiapkan Toffin E Learning Center sebagai masa depan dunia pendidikan agar siapapun bisa ikut berpartisipasi di dalamnya. Willy Sidewalk, Head of Learning & Development Toffin Indonesia menambahkan, ke depannya, siapapun bisa ikut berkontribusi.

"Setiap orang berhak mendapatkan pembelajaran dan setiap orang juga dapat berbagi ilmu tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. This is the future, this is Toffin E Learning Center,” katanya. “Edukasi berbasis digital kini menjadi cara baru untuk belajar berbagai bidang baru. Mulai dari upskill untuk profesi hingga menambah berbagai ilmu aktual untuk menambah wawasan, apalagi di masa pandemi seperti ini,” jelas Mikael Jasin, Indonesia Barista Champion 2019 & 2020 menyebut, Toffin E Learning Center memiliki berbagai konten edukasi yang sangat menarik mulai dari dunia kopi hingga industri food & beverage.

"Apalagi sejak pandemi terjadi berbagai perubahan yang cukup signifikan," katanya. Andre Eiermann, Coffee Influencer & 1st Place Swiss Championship 2017, kehadiran Tofin E Learning Center memberikan kesempatan kepada para individu maupun pebisnis untuk bisa mengembangkan kemampuan mereka baik personal maupun professional. Kedepannya orang orang inilah yang akan menentukan wajah baru dalam industri ini. Edukasi berbasis digital, selain ramah lingkungan juga menghemat waktu. Apalagi Toffin E Learning Center juga memungkinkan kita untuk belajar kapan saja dan di mana saja.

"Kita bisa membuat jadwal belajar mandiri. Setiap kontennya dipandu oleh para expertise di masing masing bidang yang memiliki pengaruh dalam industri ini,” katanya. Para peserta hanya perlu mendaftarkan diri pada website Toffin E Learning Center dan langsung bisa mendapatkan akses ke berbagai ratusan video dan workshop, dimana saja serta kapan saja.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *