Mau Rumah Anti Rayap? Ini Solusi Terbaiknya

Rayap bisa terjadi kapan saja di rumah dengan berbagai faktor penyebab. Serangga ini bisa membuat kerugian yang besar jika kamu tidak segera mengatasinya. Buat kamu yang mau rumah anti rayap bisa menerapkan solusi terbaik berikut ini.

1.      Pasang AC

Pemasangan AC di rumah bisa membantu menghilangkan kondisi lembap yang dapat menimbulkan rayap. Suhu yang dingin akan membuat rayap mati dan tidak bermunculan lagi. Pemasangan AC bisa kamu terapkan untuk di dalam ruangan seperti kamar, sehingga perabotan yang ada tidak terkena rayap.

2.      Sinar Matahari

Rumah bisa menjadi anti dengan rayap jika mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Rumah dengan matahari yang cukup bisa didapatkan dari kaca dan jendela sesuai kebutuhan rumah. Buka jendela agar matahari yang masuk bisa menghilangkan rayap.

3.      Menjemur Perabot

Rumah bisa menjadi anti rayap dengan cara menjemur perabotan yang ada secara rutin. Penjemuran di bawah sinar matahari akan membuatnya menjadi kering dan tidak lembap lagi, sehingga tidak disukai oleh rayap. Saat dijemur bisa sekaligus dibersihkan perabotnya agar lebih terjaga. Waktu penjemuran yang tepat adalah di pagi hari.

4.      Air Garam

Solusi berikutnya agar rumah tidak ada rayap adalah melakukan penyemprotan air garam. Penyemprotan dilakukan di tempat yang sudah bermunculan rayap atau celah di mana rayap bisa keluar.

5.      Buku Disusun Rapi

Rumah juga bisa tercegah dari kedatangan rayap dengan merapikan buku-buku yang ada di rumah. Susunlah buku dengan rapi di rak bukunya. Jangan dibiarkan buku diletakkan di sudut ruangan dengan keadaan menumpuk. Jika memang sudah tidak digunakan sebaiknya dimasukkan saja ke dalam kardus dan disimpan ke gudang.

6.      Penggunaan Kapur Barus

Keamanan rumah dari rayap bisa didapatkan dengan menggunakan kapur barus di dalam lemari dan sudut ruangan. Kapur barus berfungsi untuk menyerap kelembapan dan mencegah jamur tumbuh di sudut ruangan.

Kamu tentu inginnya rumah dengan kondisi anti rayap agar tidak berisiko adanya kerusakan pada peralatan rumah. Terapkan cara di atas yang sudah dipaparkan dengan benar dan berulang kali. Jika masalah rayap tak juga tuntas, maka sebaiknya kamu menggunakan jasa yang bisa memusnahkan rayap di dalam rumah.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *