Cegah Risiko Kecelakaan dengan Menerapkan Beberapa Hal Ini

Akhirnya Anda memiliki mobil setelah proses pengajuan kredit mobil bekasditerima. Jadi, ssekarang Anda sudah bisa bepergian ke mana saja menggunakan mobil sendiri. Namun, sebelum Anda mulai berkendara, tentunya Anda harus tahu, paham, dan memerhatikan berbagai hal penting terkait mobil, terutama yang berkaitan dengan keselamatan berkendara. Sebab, pada saat berada di jalan raya, Anda tidak hanya bertanggung jawab atas keselamatan Anda sendiri, tetapi juga pengguna jalan lain di sekitar Anda.

Lalu, apa sajakah hal yang dimaksud? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Periksa mobil secara teratur.

Ada banyak benefit yang akan Anda terima jika rutin mengecek kondisi mobil. Misalnya, mengetahui masalah yang terjadi pada mobil, mengetahui apakah mobil siap digunakan untuk perjalananjarak jauh, dan tentunya bisa mencegah kecelakaan. MeskiAnda kurang paham mengenai perbaikanpada mobil,namun Anda tetap bisa membawanya ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan.

  • Jaga kecepatan selama berkendara.

Sekalipun sedang tergesa-gesa, Anda tetap harus mematuhi batas kecepatan berkendara yang disarankan. Mengebut di jalan raya tentu bukan Tindakan yang terpuji dan bisa mengundang banyak risiko seperti ditilang polisi, berbenturan dengan mobil lain, hingga menabrak pejalan kaki. Untuk itu, pastikan kecepatan berkendara Anda tidak melebihi batas rata-rata, selalu memakai lampu sein sebelum berbelok maupun mengambil rute lain, dan jangan lupapantau kondisi lalu lintas melalui kaca spion ketika berkendara.

  • Kenakan sabuk pengaman.

Mengenakan sabuk pengaman pada saat berkendara terkadang memang kadang terasa merepotkan, namun dengan memakainya bisa menghindari risiko-risiko yang mungkin saja muncul ketika berkendara misalnya terjadi kecelakaan yang menyebabkan tubuh terlempar keluar mobil, kepala terbentur, dan sebagainya. Selain itu, dengan memasang sabuk pengaman juga dapat mencegah Anda ditilang polisi yang sedang mengadakan razia kendaraan.

  • Jaga jarak aman antar kendaraan.

Selalu perhatikan jarak antar kendaraan. Jarak yang terlalu dekat biasanya akan menyulitkan Anda saat hendak melakukan pengereman mendadak. Akibatnya, akan terjadi benturan yang terkadang berlanjut pada tabrakan beruntun. Kecelakaan ini tentunya tak hanya memicu kemacetan, melainkan juga bisa merenggut nyawa seseorang.

  • Jangan menelepon ketikaberkendara.

Konsentrasi merupakan kunci utama yang dapat menurunkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, pada saat berkendara Anda harus menjauhkan diri dari berbagai gangguan, termasuk menelepon. Jika panggilan telepon tersebut bersifat urgent, maka sebaiknya pinggirkan mobil di tempat aman. Atau, jika mau, Anda juga bisa mengatur pesan otomatis yang akan terkirim saat panggilan tak bisa diangkat kepada penelepon.

  • Menyetir dalam kondisi prima.

Sinyal seperti menguap sebenarnya tidak boleh Anda abaikan ketika berkendara karena itu pertanda jika tubuh mulai kelelahan atau butuh istirahat. Daripada memaksakan diri menyetir saat mengantuk, sebaiknya sempatkan diri untuk tidur sejenak. Carilah tempat aman dan jangan sampai mengganggu pengendara lain.

Tidak terlalu sulit bukan menerapkan tips-tips di atas? Semoga dengan adanya informasi di atas, maka Anda tidak akan sembarangan lagi mengendarai mobil dan menjadi pengendara yang lebih waspada selama di jalan raya. Selalu berhati-hati, ya!

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *