Beli HP Dapet Batu, Ini 4 Tips Biar Nggak Kejadian Sama Kamu

Belum lama ini sempat viral berita tentang seorang perempuan yang rugi jutaan rupiah etika berbelanja online. Alih-alih menerima smartphone pilihannya seperti yang diharapkan, yang tiba malahan bongkahan batu yang dibungkus di dalam kardus HP. Walaupun kejadian ini konon sedang diselidiki oleh pihak marketplace, namun pastinya kita tidak mau mengalami kejadian nggak enak seperti ini. Jadi, bila kamu berencana membeli barang secara online, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelumnya:

Pilih Website yang terpercaya

Jelas yang paling penting sebelum membeli adalah memastikan  website tempat kamu bertransaksi adalah situs yang terpercaya. Sekarang banyak situs marketplace yang populer dan jadi pilihan utama dalam belanja online seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, Bukalapak, dan beberapa lainnya. Apabila barang yang kamu cari tidak ada di marketplace besar, melainkan website atau webstore yang tidak kamu ketahui reputasinya, sangat penting untuk mealukan research mengenai kredibilitas situs tersebut.

Cek reputasi toko atau penjual online

Bila kamu sudah yakin dengan website atau marketplace yang kamu pilih, pastinya kamu juga harus memastikan toko atau seller dimana kamu bertransaksi punya reputasi yang bagus. Untungnya, banyak marketplace sudah punya sistem rating yang jelas untuk menjelaskan kredibilitas seller. Seperti Power Merchant di Tokopedia dan Star Seller di Shopee. Selain itu kamu juga bisa mengecek reputasi toko tersebut lewat review yang ditinggalkan oleh pembeli lain.

Hindari Transfer Langsung Pembayaran

Walaupun kamu sudah yakin dengan reputasi website dan seller tempat kamu bertransaksi, resiko kena tipu tetap ada. Untuk mengindari kerugian, hindari opsi pembayaran transfer langsung karena bila ada masalah dengan transaksi, proses pengembalian dana akan cukup merepotkan. Lebih baik pilih pembayaran lewat e-money yang bekerjasama dengan marketplace seperti Gopay di Tokopedia atau Shopeepay di Shopee. Bisa juga pilih opsi COD (Cash on Delivery), tapi pastikan kamu di rumah dan pegang uang sejumlah transaksi Ketika barangnya tiba, ya.

Hati-hati dengan Harga yang Kelewat Murah

Bila kamu menemui barang yang kamu butuhkan tapi harganya murah banget sampai dibawah pasaran, nah itu bisa jadi red flag alias peringatan harus berhati-hati karena tanda penipuan sudah terpampang di depan mata. Kalaupun barang yg dijual sesuai dengan yang ditawarkan, kemungkinan besar barang tersebut berkualitas dibawah standar atau merupakan barang black market yang bisa menjadi masalah di kemudian hari. Dan juga penting buat kamu untuk mengetahui standar harga dari barang incaran kamu biar tau berapa harga yang terlalu mahal dan berapa yang terlalu murah.

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *