Cara Merawat AC Mobil yang Bisa Kamu Lakukan dengan Mudah

Setelah mendapatkan kendaraan roda empat lewat perusahaan jual beli mobil bekas, selanjutnya kamu harus memikirkan soal perawatan. Salah satu bagian mobil yang penting untuk kamu perhatikan adalah AC. Hal ini penting agar kamu selalu nyaman saat berkendara. Lantas, bagaimanakah cara merawat AC mobil agar tetap dalam keadaan prima saat digunakan?

Simak ulasannya di bawah ini!

1. Menjaga Kebersihan Kabin Mobil

Banyak orang yang menganggap bahwa AC yang sudah tidak dingin lagi atau bermasalah disebabkan oleh freon yang sudah habis. Padahal, kondisi kebersihan kabin mobil juga bisa menjadi pemicunya. Sebab, kabin mobil yang kotor atau berdebu bisa menyebabkan AC berfungsi dengan tidak maksimal. Debu atau kotoran tersebut bisa bersirkulasi masuk ke filter AC, yang nantinya mengganggu kinerja pendingin udara tersebut. Untuk itu, menjaga kebersihan mobil penting kamu perhatikan jika ingin AC terus prima.

2. Tidak Membuka Jendela saat AC Menyala

Membuka Jendela saat AC mobil dalam keadaan menyala akan membuang sia-sia udara dinginnya. Sebab, AC mobil tidak diperuntukan bagi tempat yang luas. Oleh sebab itu, hindarilah membuka jendela ketika AC menyala saat berkendara.

3. Tidak Merokok saat AC Menyala

Tips merawat AC mobil yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah tidak merokok saat AC menyala. Sebab aktivitas merokok dalam keadaan AC menyala dan jendela tertutup sangat berbahaya untuk kamu dan penumpang lainnya. Bukan hanya berpotensi merusak alat pernapasan, asap rokok juga dapat menyebabkan polusi di dalam mobilmu. Maka, bukalah jendela dan matikan AC ketika ingin merokok saat berkendara.

4. Jangan Matikan AC Terlalu Lama

Mematikan AC terlalu lama ternyata dapat menambah risiko kerusakan AC mobil. Sebab, bagian selang dan belt AC bisa cepat mengering lalu getas. Jika sudah begini, performa pendingin udara tidak lagi bisa optimal. Maka, jangan terlalu lama berkendara dengan kondisi AC yang mati.

Selain keempat tips di atas, cara merawat AC mobil yang tidak bisa kamu sepelekan tentu saja melakukan servis secara berkala. Dengan melakukan ini, kondisi sistem pendingin udara mobilmu akan selalu dalam keadaan baik. Jangan lupa juga untuk selalu cek AC sebelum berkendara. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *