Yakin, Air Isi Ulang Anda Sudah Sesuai Standar?

Menikmati air isi ulang tentu sudah sangat biasa. Namun, tak semua bisa masuk kriteria lho. Sebab, air memiliki kandungan PH yang kudu diperhatikan.

Jika tak teliti memilih air isi ulang yang pas, kesehatan bisa jadi taruhan. Meski sepele, konsumsi air ini wajib banget diprioritaskan. Mengingat, ada banyak merek yang kini wara-wiri.

Sehingga, bagi konsumen terkadang bingung untuk memilihnya. Tapi, Anda tak perlu khawatir, berikut ulasan lengkap terkait air minum isi ulang ini.

Cek, Begini Cara Memilih Air Isi Ulang Yang Berkualitas

Tak dipungkiri, tubuh terdiri dari 70 persen lebih air. Makanya dalam keseharian konsumsi air harus dipenuhi. Agar, Anda tetap terhidrasi secara sempurna. Nah, berikut beberapa cara memilih air minum isi ulang dengan tepat.

  1. Kebersihan dan Kesehatan

Kebersihan bisa mencakup segala hal ya. Misalkan dari tempat atau depot tersebut. Bagaimana kondisinya, termasuk operator yang mengisi air tersebut. Sebab, hal ini bisa mencerminkan bagaimana perlakuan sang pemilik depot ketika memproses air tersebut.

  1. Operasional

Dalam hal ini, operasional bisa ditilik dari tata cara galon dicuci. Pastikan, jika galon dicuci dengan bersih dan steril. Hal ini wajib, sebab jika tidak dibersihkan akan berdampak pada pencemaran pada air tersebut.

Dengan kata lain, jika masih ada air yang tertinggal dalam galon, maka akan bersifat mentah jika dicampur dengan yang baru. Sehingga, pencucian yang tepat bakal membuat air tetap higienis.

  1. Proses Pengisian

Air isi ulang umumnya harus melalui proses pengisian dalam ruang kaca tertutup. Sebab, akan mencegah kotoran dari udara yang masuk. Ketika galon sedang mengalami pengisian.

  1. Legalitas

Poin keempat ini berhubungan dengan sertifikasi, yang biasa dikeluarkan darai badan kesehatan terkait. Ihwalnya sertifikasi atau legalitas ini dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan maupun Laboratorium lainnya.

Uji sertifikasi ini juga didasarkan atas standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Yang mana meliputi, kategori Kimia, Biologi juga Fisika.

  1. Cek TDS meter

Kebanyakan air untuk isi ulang berasal dari pegunungan atau air mineral. Dan biasanya memiliki kandungan antara 30 hingga 80 ppm. Apabila murni RO akan ada di angka 02 hingga 30 ppm.

Namun, hal ini hanya sebagai parameter saja. Apabila tidak terdapat alat tes tersebut, Anda cukup amati. Bagaimana reaksi dari penggunaan air tersebut.

  1. Fisik Air

Anda bisa mencium, melihat juga merasakan air tersebut ketika mengisi ulang. Pastikan warnanya jernih, tidak berbau dan terasa menyegarkan. Jika dari tiga kriteria sederhana ini tidak terpenuhi, lebih baik pilih yang lain.

  1. Harga

Dominasi harga air untuk isi ulang umumnya dibagi menjadi beberapa kriteria. Misalnya untuk jenis RO sekian ribu, mineral atau tipe lainnya. Perbedaan harga ini ihwal terkait pemrosesan airnya. Sehingga Anda juga bisa membedakan kualitas air yang hendak Anda beli.

Keunggulan Air Minum Isi Ulang

Jika diatas telah dibahas bagaimana memilih air yang berkualitas. Kini Anda perlu tahu apa sih keunggulan air jenis ini?

  1. Mudah didapatkan, karena banyak depot yang menyediakan
  2. Harga lebih terjangkau
  3. Memiliki citarasa yang sama
  4. Ada pula layanan antar jemput galon
  5. Lebih praktis, hemat waktu dan efisien.

 

Nah, kini Anda makin tahu bukan? Bagaimana memilih air untuk isi ulang secara benar. Meski terkesan ringan, air isi ulang ini wajib memenuhi standar diatas. Agar, kesehatan penggunanya tetap terjaga.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *