Sanbe Farma, Sejarah dan Produk Unggulan

Becom C adalah salah satu produk yang dikeluarkan oleh Sanbe Farma sebagai sumber multivitamin. Grup perusahaan farmasi ini dibangun pada tahun 1975 oleh Jahja Santosa Apt. Seiring perkembangan waktu, perusahaan ini kian besar dan menduduki posisi tertinggi di Indonesia.

Pada permulaan hanya ada unit 1 yang didirikan pada daerah Leuwigajah, Lembang. Unit 1 ini dikhususkan pada obat steril dan obat nonsteril. Baru pada tahun 1985 didirikan unit 2 untuk produk antibiotik. Produk seperti B laktam dan sefalosporindiproduksi pada pabrik unit 2 yang berlokasi di Leuwigajah juga.

Sejarah PT Sanbe Farma

Pada tahun 1975 seorang apoteker bernama Jahja Santosa mendirikan sebuah pabrik obat bernama SanbeFarma. Sebelumnya beliau bekerja sebagai peracik obat rumahan. Namun banyaknya permintaan masyarakat akan obat generik, membuat beliau mendirikan perusahaan  ini. Lokasi pabrik ini sendiri berada di daerah Leuwigajah yang masih dalam wilayah Bandung.

Pada tahun 1992 perusahaan ini mulai merambah ke obat-obatan warung. Produk pertama yang bisa didapatkan pada warung adalah Sanaflu. Produk ini terjual laris di pasaran karena masyarakat merasa yakin akan khasiatnya. Setelah itu PT Sanbe ini pun terus memproduksi berbagai obat over thecounteratau OTC.

Pada tahun 2007 akhirnya perusahaan farmasi ini menduduki posisi teratas dari 205 industri farmasi lain di Indonesia. Buka prestasi yang mudah didapatkan karena membutuhkan waktu hingga 30 tahun untuk mendapatkannya. Hal ini didukung pula oleh fasilitas yang menggunakan cGMP Indonesia dan disesuaikan dengan standar internasional.

Ada 1000 medical representatif yang menangani 60.000 dokter di seluruh Indonesia. Agar pendistribusian berjalan baik, dibangun 22 tempat distribusi utama. Sedang PT Bima San Prima memegang hak tunggal untuk mengedarkan berbagai obat tersebut.

Seiring lajunya teknologi di bidang kesehatan, perusahaan farmasi ini juga memproduksi obat modern. Contohnya adalah pengembangan vaksin, hormon danprotein. Semua produk yang diedarkan, diolah dalam 3 unit pabrik. Dua pabrik utama berada di Leuwigajah. Sedang unit 3 berada di kawasan industri Cimamere.

Produk Unggulan Sanbe Farma

Perusahaan farmasi ini memproduksi banyak obat, sebagian bisa didapatkan dengan resep dokter. Namun ada juga yang bisa diperoleh secara bebas tanpa menggunakan resep dari dokter. Produk dari perusahaan besar ini beragam dan sangat dipercaya masyarakat karena memiliki banyak khasiat. Contohnya.

Sanaflu

Obat dengan merk Sanaflu telah beredar pada tahun 1990an,dan dapat dibeli dengan bebas di warung. Mengandung zat aktif Paracetamol dan Phenylpropanolamine HCl. Sering dipergunakan oleh masyarakat untuk mengatasi gejala penyakit yang menyertai flu serta batuk. Obat khusus dewasa ini dapat meringankan pusing, demam serta hidung tersumbat.

Flamar

Flamar merupakan jenis obat yang harus menggunakan resep dokter agar bisa memperolehnya. Obat ini dapat mengurangi nyeri yang diakibatkan oleh radang atau nyeri haid. Flamar juga kerap diminum oleh penderita sakit gigi atau orang yang baru menjalani operasi.

Becom C

Becom C bukan obat melainkan suplemen yang dapat diperoleh secara bebas, baik di apotek atau toko obat terdekat. Baik anak-anak maupun orang dewasa bebas meminumnya, namun tetap harus sesuai dosis. Kaplet berwarna merah muda ini mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, Nikotinamida dan Panthothenic acid.Becom C sangat bagus dikonsumsi oleh anak dalam masa pertumbuhan, atau orang yang dalam masa penyembuhan.

Becom Zet

Becom Zet juga suplemen makanan dengan kandungan vitamin yang lebih lengkap. Vitamin yang dikandung adalah vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E serta zinc. Suplemen ini sangat direkomendasikan untuk orang yang sedang menjalani masa pemulihan setelah sakit.

Masih banyak produk dari PT Sanbe Farma dengan berbagai khasiat bagi tubuh. Tidak heran jika perusahaan besar ini dipercaya untuk memproduksi obat ethical dengan lisensi. Lisensi diperoleh dari beberapa perusahaan besar manca negara. Misalnya Zambeletti dan A. Menarini yang berasal dari Italia.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *