Pamer Punya PS5 di Instagram Story, Padahal Belum Rilis di Indonesia, Ini Caranya

PlayStation 5 atau PS5 merupakan konsol teranyar dari Sony. Baru baru ini banyak pengguna Instagram membuat story yang menampilkan kotak penjualan (retail box) PS5 yang tampak asli dengan latar belakang rumah mereka. Padahal saat ini, PS5 belum dijual, bahkan di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan, Sony baru membuka penjualan pada 12 November.

Lantas bagaimana caranya? Ternyata gambar tersebut merupakan filter Augmented Reality (AR) di Instagram Stories bernama "PS5 BOX" yang dibuat oleh kreator Instagram @aroneverything. Filter AR ini tergolong mirip dengan kotak penjualan PS5.

Anda dapat dengan mudah menggunakan filter ini, sekedar untuk mengecoh teman. Jika kebetulan ada stories teman Instagram yang memajang box PS5, kemungkinan di bagian atasnya akan tampak filter yang digunakan. Anda cukup tekan filter tersebut, lalu pilih tombol try it .

Box PS5 langsung muncul dilokasi bidikan kamera. Uniknya, ukuran dapat diperbesar dan diperkecil untuk membuatnya semakin realistis. Selain cara di atas, Anda juga dapat menggunakan filter ini dengan melalui link di ponsel Anda.

Anda akan dialihkan ke Instagram story. Akan tampil box penjualan PS5, selanjutnya Anda tinggal mengatur posisi box PS5. Atur dengan mengetuk area yang diinginkan.

Misal bidikan kamera Anda di meja kerja, Anda cukup mengetuk satu titik area di atas meja untuk meletakkan box PS5. Anda juga bisa memperbesar dan memperkecil box agar semakin terlihat nyata. Terakhir, ketuk tombol "PS5" di bagian tengah dan lantas klik tombol "Send to" dan "Share" untuk mengirimkan gambar yang sudah Anda "dapatkan" lewat Instagram Stories.

Dikutip dari , PS5 sudah terdaftar di situs sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo. Situs tersebut menampung beragam sertifikasi dari aneka perangkat wireless yang sudah, atau bakal dipasarkan di Indonesia. Berdasar pantauan Kompas.com pada Senin (2/11/2020), ada lima produk Sony yang terdaftar.

Kelima produk tersebut, berikut nomor modelnya, adalah Wireless Headset (CFI ZWH1), PlayStation 5 (CFI 1018A), PlayStation 5 (CFI 1018B), Media Remote (CFI ZMR1), dan DualSense Wireless Controller (CFI ZCT1G). Masing masing dari lima produk tersebut juga terdaftar dengan nomor sertifikat 71066/SDPPI2020, 71072/SDPPI2020, 71073/SDPPI2020, 71075/SDPPI2020, dan 71087/SDPPI2020. Ada dua model PS5 yang terdaftar, yakni CFI 1018A dan CFI 1018B.

Model yang diakhiri huruf "A" konon merupakan PS5 versi reguler, sedangkan huruf "B" merupakan versi digital (tidak memiliki slot Blu ray disc). Meski sudah terdaftar di situs Postel, belum bisa dipastikan kapan PS5 bakal "mendarat" di Tanah Air. Seperti telah disinggung di atas, Sony akan menjual konsol terbarunya ini pada 12 November mendatang di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Disusul dengan negara lainnya pada 19 November mendatang. Kemungkinan penggemar Indonesia bisa membeli PS5 pada 19 November mendatang. Namun hal tersebut belum dapat dipastikan.

Sebelumnya, perwakilan Sony di Singapura (Sony Interactive Entertainment Singapore/SIES) sempat memastikan bahwa PS5 memang bakal dipasarkan di Indonesia. Hanya saja mereka tengah menyiapkan beragam hal terkait ketersediannya. "Saat ini, kami hanya dapat mengonfirmasi bahwa PS5 (dipastikan) akan tersedia di Indonesia," ujar Ian Purnomo, Public Relations & Developer Relations, SIES kepada KompasTekno, Kamis (17/9/2020) lalu.

"Terkait tanggal (peluncuran), saat ini kami dalam tahapan mempersiapkan peluncurannya. SIES akan mengumumkan tanggal peluncuran, harga, dan pre order pada waktunya," pungkas Ian.

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *