Ketahui Keunggulan Koleksi Ria Miranda Danastri yang Terbuat dari Serat Alami

Meskipun masih pandemi, tidak membuat kreatifitas desainer fashion mati, salah satunya desainer Indonesia yang mengeluarkan fashionnya yang bertema Ria Miranda Danastri.

Tahun 2021 merupakan tahun kedua adanya pandemi Covid 19. Tidak sedikit fashion baru yang muncul, tanpa terkecuali desainer Ria Miranda Danastri. Terinspirasi dari kebudayaan daerah wanita Jawa, fashion yang dibuat tahun ini memiliki tema Danastri.

 

Arti Danastri sangat tepat bagi wanita yang hebat dan cantik. Apalagi konsep tersebut terinspirasi kisah hidup dalam buku Suluk Tambangraras. Dominasi warnanya memiliki siluet yang feminin, sederhana, dan asimetris. Selain itu, yang paling utama adalah Ria Miranda menggunakan bahan utama dari bahan serat. Lalu, apa keunggulan dari bahan serat tersebut, simak semuanya berikut ini.

 

Keunggulan Bahan Serat Alam

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa bahan utama dari koleksi Ria Miranda Danastri terbuat dari serat alam atau sering disebut tencel. Meskipun hanya 80% pemakaian serat alam, namun koleksi fashion Ria jelas berbeda dengan lainnya. Adapun keunggulan memakai Tencel atau serat alam akan dijelaskan di bawah ini.

 

Bisa terurai kembali

Semua produk Danastri koleksi Ria Miranda terbuat dari serat alam atau tencel. Lebih tepatnya sekitar 80% tencel dan 20% dari katun. Bahan yang terbuat dari serat tencel akan mudah terurai jika dikubur kembali. Lama penguraiannya sekitar 16 sampai 22 minggu.

Lama penguraiannya juga tergantung pada bahan campurannya. Misalnya saja bahan katun. Memang katun bisa terurai, namun lamanya akan berbeda dengan tencel. Serat alami tencel tetap akan terurai lebih dahulu, sedangkan katun belakangan.

 

Lebih lembut dan adem

Keunggulan kedua dari bahan serat alam tencel adalah kainnya terasa lembut di kulit, bahkan bahannya juga adem. Tentu saja alasannya adalah serat tencel terbuat dari pohon. Biasanya tanaman yang dipakai adalah pohon Eucalyptus atau pohon Beechwood.

Bukan hanya jenis seratnya saja yang bikin adem, tapi teknologi termoregulasi yang membuat bahannya bisa menyesuaikan iklim. Maksudnya jika suhu panas maka kainnya akan menjadi dingin. Sebaliknya jika suhu dingin, maka kainnya akan berubah menjadi hangat.

Keunggulan ini yang membuat Ria Miranda memakai bahan tencel untuk Danastri. Apalagi bahannya juga tepat untuk suasana pandemi, yang mengharuskan lebih banyak di rumah dan menjaga jarak.

 

Tidak cepat pudar

Selain bahannya lembut dan adem di Ä·ulit, ada kelebihan lainnya dari kain tencel. Yaitu warnanya tidak cepat pudar. Itu juga termasuk ciri khas bahan tencel, karena retensi warnanya tinggi pada kain. Apalagi spektrum warnanya lebih beragam, mulai dari gelap sampai cerah.

Retensi warnanya sangat tepat jika diaplikasikan pada kain batik yang sesuai dengan konsep Danastri. Bukan hanya batik saja, ada juga kain tenun atau baju kasual. Akibat spektrum yang beragam dan retensi warna yang baik menyebabkan harganya juga tinggi. Namun, sesuai dengan kualitas yang dimiliki serat tencel.

 

Pakaian lebih tahan lama

Kelebihan terakhir dari serat alam tencel adalah kandungannya memiliki ketahanan yang tinggi dari pada bahan kain lainnya. Bahan tersebut bisa menjaga kualitas pakaian meskipun sudah dipakai bertahun-tahun. Asalkan mengetahui cara perawatannya yang tepat. Sehingga pakaian akan lebih tahan lama.

Cara perawatan bahan tencel agak sedikit berbeda. Mulai dari pencucian sampai penjemuran. Usahakan tidak mencuci memakai mesin cuci, karena bjsa mengakibatkan serat kain keluar. Lebih baik cuci pakai tangan, lanjutkan memakai softener dan jemur secara tidak langsung dengan sinar matahari.

Sudah jelas bahwa pilihan fashion Ria Miranda Danastri ketika memilih bahan serat alami sangat tepat. Melihat dari keunggulannya, bisa dipastikan kenyamanan ketika pemakaiannya. Meskipun harganya sedikit mahal, namun kualitasnya tidak meragukan. Semoga bermanfaat.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *