Ini Dia Daftar Barang Yang Harus Dibawa Ke Rumah Sakit Menjelang Persalinan

Mendekati Hari Perkiraan Lahir atau HPL yang telah ditentukan oleh dokter, merupakan moment yang membuat Anda berdebar. Pasalnya begitu banyak persiapan yang harus dilakukan bagi seorang calon Ibu. Mulai dari menentukan rumah sakit bersalin terbaik di Jakarta sebagai tempat melahirkan, hingga barang-barang apa saja yang sebaiknya di bawa ke rumah sakit sebagai persiapan menjelang persalinan. Jangan sampai ada barang penting namun terlupakan dibawa, untuk itu simak beberapa daftar barang yang harus di bawa ke rumah sakit menjelang persalinan untuk Mama dan Bayi di bawah ini yuk.

 

1. Pakaian Untuk Mama

Karena sudah pasti akan menginap selama beberapa hari menjelang dan sesudah persalinan, untuk itu Mama di haruskan untuk membawa pakaian ganti yang nyaman. Pilihlah pakaian yang berbahan halus serta menyerap keringat, seperti daster dan piyama. Pilih juga pakaian yang terdapat kancing di depannya agar memudahkan Mama dalam mengASIhi si kecil. Jangan lupa juga untuk membawa pakaian dalam yang cukup selama di rumah sakit dan baju yang cukup bagus untuk dipakai pada saat Mama pulang dari rumah sakit.

 

2. Perlengkapan Mandi Mama Dan Bayi

Meskipun biasanya sudah tersedia peralatan mandi dari pihak rumah sakit, namun sebaiknya Mama menyiapkan sendiri peralatan mandi Mama dan Bayi agar lebih nyaman. Pilihlah sabun yang lembut tidak mengandung alkohol, SLS, dan paraben. Mama juga bisa membawa skincare dan make up agar terlihat fresh saat kerabat sedang berkunjung. Mama bisa membawa peralatan yang simple saja seperti moisturizer, toner, mascara, pensil alis dan lipstick.

 

3. Pompa Asi dan Bra Menyusui

Tidak selamanya dapat mengeluarkan Asi dengan lancar, terkadang Mama juga bisa mengalami kendala. Jika melalui proses Caesar dan bayi harus di rawat di ruang NICU otomatis terpisah dari Mama, untuk itu Mama perlu membawa pompa asi beserta kantong Asip untuk mempermudah proses memberi asi. Selain itu Mama juga perlu menyiapkan bra menyusui yang nyaman dipakai.

 

4. Popok, Selimut dan Bedong Bayi

Tas persalinan juga perlu diisi barang-barang kebutuhan si kecil, seperti popok, selimut, serta bedong bayi.Siapkan juga beberapa pasang pakaian si kecil selama beberapa hari di rumah sakit, pilih ukuran newborn ya Ma. Siapkan juga topi dan beberapa pasang kaos kaki agar menjaga bayi tetap hangat.

 

5. Dokumen Penting

Hal terakhir yang penting dan tidak boleh Mama lupa ialah menyiapkan dokumen-dokumen penting untuk keperluan di rumah sakit. Meskipun sudah mendaftar di rumah sakit, beberapa rumah sakit bersalin memerlukan konfirmasi ulang Mama. Mama perlu membawa BPJS, kartu asuransi, kartu identitas, maupun dokumen lainnya yang mendukung kelancaran persalinan.

Itu dia beberapa barang yang harus dibawa ke rumah sakit menjelang persalinan. Persiapkan semuanya dari sekarang, agar Mama tidak perlu khawatir dan panik jika waktu melahirkan sudah dekat. Jika Mama masih bingung menetukan rumah sakit bersalin terbaik di Jakarta, Mama bisa melihat rekomendasinya di sini https://www.rspondokindah.co.id/id/center-of-excellence/klinik-kebidanan-dan-kandungan. Semoga persalinannya lancar ya Ma.

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.