Cara Menghapus Aplikasi Bawaan atau Default di Smartphone Android

Ketika pertama kali menyalakan smartphone Android yang baru dibeli, ternyata banyak aplikasi bawaan atau default yang diinstall dari pabrik untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Namun demikian, tak semua aplikasi bawaan di Android tersebut memiliki fungsi yang lebih baik dari aplikasi pihak ketiga. Bahkan, aplikasi default yang jarang digunakan tersebut hanya akan membuat sesak memori di smartphone. Ujung-ujungnya smartphone Anda jadi lemot.

Kondisi lainnya adalah apabila Anda memiliki lebih dari satu aplikasi yang memiliki fungsi sama, Anda dapat memilih aplikasi Android mana yang akan digunakan secara default. Misalnya, jika Anda memiliki beberapa aplikasi pengeditan foto, Anda dapat memilih mana yang akan digunakan untuk membuka foto.

Penasaran bagaimana cara menghapus dan mengatur aplikasi bawaan atau default di smartphone Android? Yuk, cari tahu caranya di bawah ini seperti yang dilansir dari Tekno Liputan6.com.

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Google
Sebelum menempuh cara hapus aplikasi bawaan, perlu dicatat bahwa cara ini hanya bisa dilakukan untuk Android 9 hingga yang terbaru.

  1. Buka menu Pengaturan (Settings).
  2. Pilih Aplikasi & pemberitahuan (Apps & notifications).
  3. Ketuk aplikasi yang tidak lagi Anda inginkan sebagai default. Jika Anda tidak menemukannya, ketuk Lihat Semua Aplikasi atau Info Aplikasi (See All Apps atau App Info).
  4. Lalu, pilih Advanced dan Buka secara default, lalu Hapus default. Jika Anda tidak menemukan ‘Advanced’, ketuk Buka secara default dan kemudian Hapus default.
  5. Setelah menghapus default, ketika Anda mengambil langkah itu lagi, smartphone akan menanyakan aplikasi mana yang akan digunakan.

Sumber: Liputan6.com

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *