Bisakah Mobil Dijadikan Investasi Jangka Panjang?

Banyak orang yang menganggap bahwa aset dengan nilai tinggi selalu bisa menjadi lahan investasi. Itulah sebabnya, tak sedikit orang yang mengajukan kredit mobil baru dengan tujuan untuk dijadikan investasi. Apalagi ketika menghitung simulasi kredit di https://www.dipostar.com/id/simulasi-pembiayaan.htm, ternyata nominal TDP dan cicilan bulanan yang harus dibayar cukup terjangkau, pastinya Anda akan semakin tergoda untuk membeli mobil baru.

Namun pertanyaannya, apakah mobil benar-benar bisa digunakan sebagai produk investasi jangka panjang?

Investasi mobil, sebesar apa potensinya?

Dilansir dari Swara Tunaiku, harga mobil, dibandingkan emas atau rumah, ternyata cenderung mengalami penurunan setiap tahun. Sebagai contoh, Anda yang membeli mobil mahal atau mewah akan berhadapan dengan depresiasi besar.

Sebagai perbandingan, mobil murah sampai menengah mengalami depresiasi dari 7% sampai 10% pada tahun kesatu. Sementara mobil menengah sampai atas akan mengalami penurunan harga dari 10% sampai 15%. Terakhir, mobil dari kelas premium justru menghadapi depresiasi besar-besaran sampai 20% pada tahun kesatu.

Cara-cara berinvestasi menggunakan mobil

Berdasarkan data tersebut, mobil terkesan tak bisa dijadikan produk investasi menjanjikan. Namun, bukan berarti mobil tidak bermanfaat sebagai penghasil uang. Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan mobil kesayangan Anda:

  • Membuka usaha sewa mobil

Menyewakan mobil merupakan bentuk usaha yang cukup praktis dilakukan, terutama bagi para pebisnis pemula. Anda hanya perlu memilih mobil yang layak dikendarai, lalu tentukan persyaratan sewa yang harus dipenuhi klien. Jika dikelola dengan baik, Anda bisa memperoleh profit yang cukup besar tanpa harus repot-repot terjun ke jalan.

  • Menjual suku cadang mobil

Langkah yang satu ini dapat Anda lakukan apabila mobil yang dibeli secara kredit sudah lunas cicilannya. Spare part atau suku cadang, terutama dari mobil yang kondisinya masih baru, sangat banyak peminatnya. Apalagi kalau kendaraan yang Anda beli termasuk limited edition. Untuk menjaga harganya agar tetap tinggi, Anda harus memelihara mobil sebaik mungkin. Namun tentunya, setelah Anda menjual suku cadangnya, artinya mobil tidak lagi bisa digunakan. Itulah sebabnya, ini biasa dilakukan pada mobil yang mengalami suatu masalah sehingga tidak lagi bisa digunakan tetapi beberapa suku cadangnya masih banyak yang bagus.

  • Menjual mobil di pameran khusus

Apa Anda pernah mencicil mobil antik atau lawas, tetapi tak akan lagi digunakan? Daripada mobil dibiarkan menganggur di garasi, Anda bisa jual di pameran khusus mobil antik. Sebelum membawa atau mendaftarkannya, cek dulu kondisi mobil tersebut dan siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Kemudian, riset harganya untuk menentukan nominal yang pas sekaligus bersaing.

  • Menjadi mitra transportasi online

Langkah yang satu ini sedang banyak dipilih para pemilik kendaraan yang membutuhkan penghasilan tambahan. Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai bentuk investasi. Cek persyaratan yang diajukan perusahaan transportasi online supaya Anda bisa memenuhi ketentuan. Pilihan lain yang dapat diambil adalah menawarkan ride sharing kepada orang-orang yang membutuhkan tumpangan.

Mobil memang tidak bisa menjadi investasi seperti logam mulia, emas, atau properti. Tetapi bukan berarti tidak bisa menjadi sumber penghasilan. Bahkan jika Anda bisa memanfaatkannya dengan tepat, mobil bisa menjadi sumber penghasilan jangka panjang yang cukup tinggi. Jadi Anda tidak perlu lagi pusing membayar cicilan bulanan atas kredit mobil tersebut.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *