Pentingnya Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak

British International Primary School merupakan salah satu sekolah internasional di Indonesia yang berasal dari Inggris. Sekolah ini menyediakan kurikulum internasional yang membantu mengasah kreativitas siswa secara optimal. Memilih sekolah internasional dengan kredibilitas baik tentu bisa dijadikan pertimbangan. Sebab tidak ada orangtua yang ingin anaknya masuk ke sekolah yang kualitasnya buruk.

 

Pentingnya Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak

 

Memasuki tahun ajaran baru, setiap orangtua akan dibuat super sibuk dalam memilih sekolah untuk buah hatinya. Baik itu di jenjang PAUD, TK, maupun sampai ke jenjang perguruan tinggi. Setiap orangtua tentu ingin anaknya bersekolah di sekolah yang baik, berkualitas, dan sudah terjamin kredibel.

 

Kenapa? Alasannya beragam. Sebab riwayat pendidikan akan masuk ke dalam CV, bisa masuk ke sekolah berkualitas atau bergengsi merupakan prestasi yang menunjukan kualitas pemilik CV tersebut. Sehingga berhasil sekolah di sekolah berkualitas bisa membantu memiliki masa depan cerah, misalnya lebih mudah mendapat pekerjaan di perusahaan besar.

 

Tak hanya itu, sekolah dengan kualitas mumpuni juga dikenal punya fasilitas yang bagus dan memadai. Sehingga kegiatan pembelajaran lebih maksimal, dan menjadikan siswa-siswi di dalamnya punya pemahaman materi yang baik. Hal ini bisa mendorong siswa tersebut untuk menorehkan prestasi di berbagai bidang sesuai peminatan mereka.

 

Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Sekolah yang Tepat

 

Memahami arti penting memilih sekolah yang tepat untuk anak memang sangat besar, sebab mempengaruhi masa depan anak sampai mereka tutup usia. Maka setiap orangtua idealnya tidak sembarangan dalam memilihkan sekolah. Berikut beberapa hal yang wajib diperhatikan agar tidak salah pilih:

 

  • Jarak Sekolah

Jarak sekolah perlu diperhatikan, karena akan mempengaruhi kondisi stamina buah hati. Terlalu jauh bisa membuat anak kelelahan di jalan sehingga belajar tidak bisa optimal. Maka utamakan sekolah yang jaraknya cukup dekat dari rumah.

 

  • Akreditasi Sekolah

Standar kualitas sekolah di Indonesia bisa dilihat dari nilai akreditasi. Semakin tinggi nilai akreditasinya semakin bagus kualitas pendidikan di dalamnya. Jadi, silahkan mencari sekolah yang akreditasinya bagus sebagai tempat anak belajar.

 

  • Rekam Jejak Sekolah

Rekam jejak sekolah juga perlu diperhatikan, khususnya untuk sekolah yang sudah berdiri sejak lama. Tujuannya agar bisa tahu situasi dan budaya di dalamnya seperti apa. Sehingga anak bisa mendapat tempat belajar yang kondusif.

 

  • Lingkungan Sekolah

Cek juga kondisi lingkungannya, khususnya lingkungan masyarakat sekitar. Memilih sekolah di lingkungan yang kondusif sangat penting. Misalnya, menghindari sekolah yang lingkungannya banyak preman. Sebab anak bisa terpengaruh oleh kebiasaan buruk para preman di sekitarnya.

 

  • Sistem Pembelajaran

Sistem pembelajaran atau lebih tepatnya kurikulum pembelajaran juga perlu diperhatikan. Utamakan sekolah yang berfokus mendorong kreativitas, keberanian, dan kepercayaan diri siswa.

 

  • Biaya

Biaya sekolah memang tidak murah, semakin bagus kualitas sekolahnya maka biayanya semakin mahal. Jadi, orangtua harus siap sejak lama terkait biaya pendidikan anak. Tujuannya agar tidak asal menyekolahkan anak dan asal murah.

 

Dengan memperhatikan hal-hal penting tersebut, maka bisa memperkecil resiko keliru dalam memilihkan sekolah yang tepat untuk buah hati. Jadi, silahkan dipertimbangkan agar tidak menyesal di kemudian hari.

 

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.