5 Manfaat Mainan Lego Block untuk Anak Usia Di Bawah 5 Tahun

Mainan Lego Block merupakan salah satu mainan yang paling banyak digemari berbagai kalangan, terutama anak-anak. Banyak juga balita yang menyukai mainan buatan Denmark ini karena lego sangat beraneka ragam, baik dari segi bentuk, warna, dan pengolahan kreatifitasnya.

Adapun untuk harganya juga sangat beragam, mulai dari yang mahal hingga lego dengan harga terjangkau. Selain harganya yang bersahabat, ternyata mainan lego juga bisa digunakan untuk merangsang kecerdasan anak. Berikut beberapa manfaat bermain lego untuk anak-anak:

Manfaat Mainan Lego untuk Edukasi Anak di Bawah Usia 5 Tahun

Mengembangkan Kreativitas Anak

Saat bermain lego, anak-anak akan berusaha menyusun lego menjadi bentuk yang diinginkan. Di sinilah kreativitas si kecil terasah. Dengan menyusun balok-balok lego, kecerdasan otak akan lebih mudah terangsang.

Keuntungan bermain dengan balok-balok lego yaitu lego bisa disusun menjadi beragam bentuk. Jika si kecil belum bisa menyusunnya, orang tua atau pendamping bisa memberi contoh dengan bentuk-bentuk sederhana.

Mainan anak-anak ini juga bisa dipilih untuk mengurangi kecanduan anak terhadap ponsel dan anakĀ  akan tetap betah bermain di rumah.

Melatih Motorik Anak

Tidak hanya otak, otot dan syaraf juga akan ikut bekerja ketika anak bermain lego. Jadi mainan lego ini sangat bagus untuk si kecil yang baru mulai belajar menggenggam, memegang dengan benar, dan mencocokkan balok lego satu dengan lainnya.

Jari-jari kecil anak akan berlatih menekan lego block saat menyusunnya. Namun perlu diperhatikan, saat memberikan mainan lego terhadap anak di bawah 5 tahun sebaiknya berikan lego yang berukuran sedang atau besar. Minimal ukuran lego tidak bisa ditelan, untuk menghindari anak-anak menelan mainan tersebut.

Meningkatkan Ketelitian dan Kesabaran Anak

Lego menjadi mainan yang banyak digunakan untuk edukasi karena dengan bermain lego anak akan dituntut untuk teliti. Selain itu, emosional anak juga bisa dilatih dengan bermain lego. Ketika si kecil gagal menyusun sebuah bentuk, terus beri semangat dan tanamkan kesabaran pada anak. Di sinilah pentingnya mendampingi anak saat bermain.

Melatih Kerjasama Tim

Manfaat bermain lego selanjutnya yaitu untuk melatih kerjasama tim. Ajaklah si kecil bermain lego bersama teman-temannya, orangtua, atau dengan keluarga. Tujuannya yaitu agar anak belajar berbagai dan menerima.

Saat bermain bersama orang lain, anak akan belajar menerima ide atau gagasan dari orang lain ataupun belajar memberikan idenya terhadap orang lain. Jadi jiwa sosial anak juga akan terbangun saat bermain secara bersama-sama atau berkelompok.

Merangsang Otak dalam Memecahkan Masalah

Manfaat lainnya dalam bermain lego yakni melatih otak anak dalam memecahkan masalah. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan melatih kreativitas anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua, Anda bisa memberikan tugas kecil untuk menyusun lego sesuai kemampuan.

Misal, Anda bisa memberi contoh atau menyuruh si kecil menyusun lego berdasarkan warna. Anda juga bisa memberi tugas dengan mengajak anak menyusun lego dengan jumlah balok 4, 6, 8, atau jumlah lainnya. Selain itu, si kecil juga bisa diminta untuk menyusun lego sesuai bentuk yang sudah di contohkan.

Bagi orang tua yang tidak bisa menyusun lego dengan berbagai macam bentuk, Anda bisa memberikan contoh melalui sebuah video yang bisa didapatkan dari internet. Jika anak sudah berhasil mengerjakan tugas, terus dampingi dan berikan tugas dengan level yang berbeda agar kecerdasan otak terangsang.

Bagi Anda yang sedang mencari Lego Block untuk anak, Anda bisa mencarinya di toko mainan terdekat atau kunjungi saja www.blibli.com/jual/lego-block untuk mendapatkan lego dengan berbagai macam, warna, dan harga.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *