5 Makanan Anti Inflamasi Ala SehatQ.com untuk Mengatasi Peradangan Tubuh

Apakah Anda pernah mengalami peradangan tubuh? Pasalnya hal tersebut sangat wajar, karena peradangan merupakan reaksi alami sebagai bentuk pertahanan dalam tubuh untuk melawan infeksi dan cedera. Namun, peradangan yang terjadi secara berlebihan akan menimbulkan masalah baru. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengkonsumsi makanan anti inflamasi.

Mengatur pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi merupakan salah satu gaya hidup sehat yang harus diikuti. Selain dapat mengatasi peradangan dalam tubuh, makanan anti inflamasi ini juga menyehatkan tubuh. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi makanan ini secara teratur. Konsepnya yaitu mengganti makanan yang mengandung gula terlalu tinggi dengan makanan sehat bernutrisi.

5 Makanan Anti Inflamasi

Makanan anti inflamasi merupakan makanan bergizi dan bernutrisi, sehingga baik untuk tubuh. Semakin banyak mengkonsumsi makanan ini, Anda bisa mendapat antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas serta zat yang dapat merusak sel dalam tubuh agar Anda tidak mudah terkena penyakit. Adapun berikut ini merupakan 5 makanan anti inflamasi ala sehatQ.com yang bisa Anda konsumsi, di antaranya yaitu

  1. Jamur

Ada beberapa jenis jamur yang bisa dijadikan sebagai tindakanmedis alami untuk mengatasi peradangan, beberapa jenis jamur tersebut yaitu shiitake, portobello dan truffle. Jamur-jamur tersebut memiliki kandungan selenium, vitamin B dan copper serta antioksidan yang cukup tinggi. Ada baiknya jika Anda tidak melakukan proses pengolahan yang panjang sebelum mengkonsumsinya, karena memasak jamur dalam waktu yang lama dapat mengurangi kandungan anti inflammatory di dalamnya.

  1. Teh hijau

Jenis makanan anti inflammatory ala SehatQ.com yang bisa Anda konsumsi selanjutnya, yaitu teh hijau. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur, Anda bisa mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer, obesitas, jantung dan kanker. Maka tak heran jika teh hijau dinilai memiliki segudang manfaat.

EGCG merupakan substansi paling baik yang ada pada teh hijau untuk mencegah kerusakan asam lemak dalam sel serta melengkapi peradangan. Teh hijau juga mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan baik untuk tubuh dan dapat menjadi obat alami peradangan.

  1. Dark chocolate

Siapa yang tidak menyukai dark chocolate? Selain mempunyai cita rasa yang lezat, coklat juga termasuk ke dalam makanan anti inflamasi alami, maka tak heran jika makanan ini menjadi favorit banyak orang. Coklat mempunyai kandungan flavonoid yang kaya antioksidan, serta bisa menjaga kondisi pembuluh darah dalam tubuh dengan baik. Dark coklat yang menjadi makanan anti inflamasi alami harus mengandung minimal 70% cocoa, semakin besar kandungan tersebut, maka akan semakin baik untuk tubuh.

  1. Tomat

Tomat juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Terdapat kandungan vitamin C, lycopene dan potasium dalam tomat sebagai tindakan medis alami untuk mengurangi peradangan akibat kanker. Tomat juga dapat dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, sehingga baik untuk diet.

Tips untuk memaksimalkan likopen yang mudah diserap tubuh yaitu dengan mengolah tomat menggunakan minyak zaitun. Kandungan likopen sendiri merupakan karotenoid yang dapat diserap lebih baik dengan lemak.

  1. Berries

Buah-buahan berry seperti BlackBerry, raspberry, blueberry dan strawberry mempunyai kandungan Antosianin yang tinggi antioksidan di dalamnya. Dengan mengkonsumsi buah yang kaya antioksidan kamu bisa memproduksi sel NK atau natural killer lebih banyak. Selain mengkonsumsi buah-buah tersebut Anda juga bisa melakukan tes CRP untuk mengetes peradangan tubuh.

Itulah 5 makanan anti inflamasi ala SehatQ.com untuk mengatasi peradangan tubuh yang bisa Anda konsumsi. Dengan begitu, masalah peradangan dalam tubuh dapat teratasi dengan baik.

Untuk mengetahui makanan anti inflamasi lainnya beserta seputar informasi peradangan dalam tubuh anda bisa mengunjungi situs sehatQ.com. SehatQ.com merupakan platform yang menyajikan informasi berupa tips, penyakit, pengobatan dan informasi seputar kesehatan tubuh.

 

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *