4 Kebiasaan Menjijikan Yang Menyimpan Manfaat Kesehatan

Banyak orang memiliki sejumlah kebiasaan buruk yang bisa tergolong menjijikan. Hal ini bisa berupa menggigit kuku atau bahkan kentut secara sembarangan.

Sejumlah kebiasaan tersebut bisa terlihat sangat mengganggu dan menjijikkan untuk orang lain. Hal ini membuat orang yang melakukannya sering dianggap tidak sopan atau tak tahu adat.

Namun ternyata beberapa kebiasaan buruk dan menjijikkan yang dilakukan seseorang memiliki manfaat tersendiri. Hal ini bahkan memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh seseorang tanpa disadari.

Mulai dari kentut hingga menggigit kuku ternyata memiliki fungsi kesehatan bagi tubuh. Dilansir dari Times of India, berikut empat kebiasaan menjijikkan yang ternyata menyimpan manfaat kesehatan.

Kencing Ketika Mandi

Buang air kecil ketika mandi merupakan salah satu kebiasaan menjijikkan yang banyak dilakukan tanpa diakui. Ternyata, hal ini setidaknya bisa memberi dampak positif bagi kesehatan. Kandungan asam urine dan amoniak pada air kencing bisa mencegah infeksi jamur pada kuku kaki.

Kentut

Kentut merupakan kebiasaan yang menjijikkan bagi orang lain namun menyehatkan bagi diri kita. Pada dasarnya, kentut merupakan hasil sistem pencernaan kita yang memproduksi karbon dioksida dan metan ketika mencerna makanan. Kentut bisa membantu mencegah masalah pencernaan dan menahannya malah memicu saki perut dan kembung.

Makan Permen Karet

Salah satu kebiasaan menjijikan dari permen karet adalah karena lengketnya permen ini sehingga kadang menodai tangan. Namun mengunyah permen karet ini ternyata memberi manfaat yang lebih besar dibanding kafein untuk fokus, mempertajam memori, mengurangi stres, dan menyeimbangkan hormon.

Menggigit Kuku

Menggigit kuku merupakan kebiasaan yang dianggap buruk dan menjijikkan. Namun hal ini ternyata membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Masuknya bakteri melalui kebiasaan menggigit kuku bisa membuat tubuh seseorang mengenali bakteri tersebut dan membuat antibodi untuk melawannya.

Walau menjijikan, sejumlah kebiasaan ini ternyata memiliki manfaat bagi tubuh. Walau begitu, jangan melakukannya secara sembarangan dan berlebihan.

 

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *